WANITA DALAM BINGKAI ELEGI

Mungkin ini bukan pertama kalinya aku melihat kedua orang tuaku bertengkar.

Terus kutahan diriku untuk tak mencampuri urusan mereka.

“Pergi dari rumah ini perempuan jalang cerewet !” Bentak Papa pada Mama.

Papa membuka lemari pakaian, mengemasi barang-barang Mama. Sisa pakaian yang tak bisa masuk ke kopor, dibuang, disebar ke halaman teras rumah. Mama hanya bisa menangis memunguti pakaiannya yang dibuang sambil sesekali mengusap air matanya.

Aku bergetar di dalam kamar, berusaha menulis pesan singkat pada kakak sepupuku di Jogja :

Mbak, bilang Pak De, Papa kumat ! Baju mama dibuang, Mama disuruh minggat..

Hanya keluarga kakak lelaki mama tempatku berkeluh kesah, kakak sepupuku mencoba menghiburku dengan menelponku dan aku hanya terisak tanpa kata sedikitpun.

“Sudah Fika, jangan menangis.. Besok mbak suruh bapak pergi ke Solo. Kamu yang sabar ya sayang..” Mbak Nimas mencoba menenangkanku di seberang telepon.

“Kamu tenangkan diri dulu, mbak tutup dulu teleponnya” Mbak Nimas yang hanya mendengar suara tangisku mengakhiri pembicaraan searah itu.

Papa gemar mabuk-mabukan, judi dan main perempuan. Setiap mama memperingatkan, pertengkaranlah yang terjadi.

Aku tak hanya sesekali bahkan berkali-kali meminta mama menceraikan lelaki biadab itu. Bahkan aku bersumpah takkan menjadikannya wali nikahku kelak. Rumah, mobil, perabotan, kebutuhanku dan adikku semua hasil jerih payah mama sebagai pegawai Bank.

***

“Fik, bangun ! “ Mama berbisik membangunkanku.

“Ah, mama.. aku masih ngantuk” Rengekku sembari menarik selimut lagi.

“Sstttt, kita bebas sayang ! Papamu pergi selama-lamanya. Racun ini hebat, tak akan terdeteksi siapapun. Sana telepon ambulance!! ” Mama cekikikan.

“I-iya ma baiklah” Aku sontak terbangun dan memeluk mama.

Selamat tinggal Papa..

 


Leave a Reply

